Tema Parenting :(Multiple Intelligence)
1. KECERDASAN
LINGUSITIK
§ Mendengarkan orang tua/teman berbicara
§ Dapat menjadi pembicara dan pendengar yang
baik
§ Menirukan kembali 3-4 urutan kata
§ Menyebutkan kata-kata dengan suku awal kata
yang sama. Misal: kaki-kaki atau suku kata akhir yang sama, misal: nama-sama,
dll
§ Mendengarkan cerita dan menceritakan kembali
isi cerita secara sederhana
§ Menjawab pertanyaan tentang
keterangan/informasi secara sederhana
§ Bercerita menggunakan kata ganti aku, saya
§ Menunjukkan gerakan-gerakan, misalnya duduk,
jongkok, berlari, makan, melompat, menangis, senang, sedih, dll
§ Menyebutkan posisi/keterangan tempat.
Misalnya: di luar, di dalam, di atas, di bawah, di depan, di kiri, di kanan,
dll.
§ Menyebutkan waktu (pagi, siang, malam)
§ Bercerita tentang gambar yang disediakan atau
yang dibuat sendiri
§ Menceritakan isi buku walaupun tidak sama
antara tulisan dan yang diungkapkan
§ Menghubungkan tulisan sederhana dengan symbol
yang melambangkannya
§ Menyebutkan bentuk-bentuk benda yang baru dilihatnya
§ Menceritakan informasi tentang sesuatu yang
diperoleh dari buku
§ Menceritakan kembali suatu informasi
berdasarkan ingatannya
§ Mencoba dan menceritakan apa yang terjadi
jika: warna dicampur, proses pertumbuhan tanaman ( biji-bijian, umbi-umbian, batang-batangan)
balon ditiup lalu dilepaskan, benda-benda dimasukkan ke dalam air: apakah
terapung, melayang, tenggelam, benda-benda yang dijatuhkan (gravitasi),
percobaan dengan magnit, mengamati dengan kaca pembesar, mencoba dan membedakan
bermacam-macam rasa, bau dan suara.
2. KECERDASAN
MATEMATIKA-LOGIS
§ Mengelompokkan benda dengan berbagai cara yang
diketahui anak. Misalnya: menurut warna, bentuk, ukuran, jenis, dll.
§ Menunjuk sebanyak-banyaknya benda, hewan,
tanaman yang mempunyai warna, bentuk atau ukuran atau menurut cirri-ciri
tertentu.
§ Mencoba dan menceritakan apa yang terjadi
jika: warna dicampur, proses pertumbuhan tanaman ( biji-bijian, umbi-umbian,
batang-batangan) balon ditiup lalu dilepaskan, benda-benda dimasukkan ke dalam
air: apakah terapung, melayang, tenggelam, benda-benda yang dijatuhkan
(gravitasi), percobaan dengan magnit, mengamati dengan kaca pembesar, mencoba
dan membedakan bermacam-macam rasa, bau dan suara.
§ Membilang atau menyebut urutan bilangan
minimal dari 1-10.
§ Membilang dengan menunjuk benda ( mengenal
konsep bilangan dengan benda-benda sampai 5).
§ Menunjukkan urutan benda untuk bilangan sampai
5.
§ Mengenal konsep banyak-serdikit, lebih-kurang,
sama-tidak sama.
§ Menghubungkan atau memasangkan lambang
bilangan dengan benda-benda sampai 5 ( anak tidak disuruh menulis).
§ Menunjuk 2 kumpulan benda yang sama jumlahnya,
yang tidak sama, lebih banyak dan lebih sedikit.
§ Mengelompokkan bentuk-bentuk geometri
(lingkaran, segi empat, segitiga).
§ Menyebutkan kembali benda-benda yang
menunjukkan bentuk-bentuk geometri.
§ Mengerjakan maze ( mencari jejak) yang
sederhana.
§ Menyusun kepingan puzzle menjadi bentuk utuh
(4-6 keping).
§ Memasang benda sesuai dengan pasangannya.
§ Membedakan konsep kasar-halus melalui panca
indera.
§ Memecahkan masalah sederhana.
§ Menyebutkan konsep depan-belakang-tengah,
atas-bawah, luar-dalam, pertana-terakhir-diantara, keluar-masuk, naik-turun,
maju-mundur.
§ Membedakan konsep panjang-pendek, jauh-dekat,
melalui mengukur dengan satuan tak baku (lankah, jengkal, benang atau tali, dll).
§ Membedakan konsep berat-ringan, gemuk-kurus
melalui menimbang benda dengan timbangan buatan dan panca indera.
§ Membedakan konsep penuh-kosong melalui mengisi
wadah dengan air, pasir biji-bijian, beras, dll.
§ Membedakan konsep tinngi ke rendah.
§ Membedakan konsep besar kecil.
§ Membedakan konsep cepat-lambat.
§ Membedakan waktu (pagi, siang, malam).
§ Menyebutkan nama-nama hari dalam satu minggu,
bulan an tahun.
§ Memperkirakan urutan berikutnya setelah
melihat bentuk 2 pola yang berurutan. Misalnya merah, putih, merah, putih,
merah,…..
3. KECERDASAN VISUAL
SPASIAL
§ Membuat berbagai macam coretan
§ Membuat gambar dan coretan (tulisan) tentang
cerita mengenai gambar yang di buatnya
§ Bercerita tentang gambar yang disediakan atau
yang dibuat sendiri
§ Membaca gambar yang memiliki kata/ kalimat
§ Menghubungkan tulisan sederhana dengan simbul
yang melambangkannya
§ Menggambar bebas dengan berbagai media (pensil
warna, krayon, arang dll) Menggambar bebas dari bentuk lingkaran dan segiempat,
menggabar orang dengan lengkap dan sederhana (belum proposional)
stempel/mencetak dengan berbagai media (pelepah pisang, batang pepayah, karet
busa,dll.)
§ Mewarnai bentuk-bentuk geometri dengan ukuran
besar
§ Mewarnai bentuk gambar sederhana
§ Mencipta 2 bentuk dari kepingan bentuk
geometri
§ Mencipta bentuk lidi
§ Membatik dan jumputan sederhana
§ Bermain warna dengan berbagai media.Misalnya:
Krayon,cat air,dll
§ Melukis dengan jari ( Finger Painting )
4. KECERDASAN MUSIK
§ Menyanyikan lagu-lagu keagamaan yang sederhana
§ Membuat bunyi-bunyi dengan berbagai alat
§ Menciptakan alat perkusi sederhana (misalnya
membuat krincingan dari tutup botol)
§ Bertepuk tangan dengan 2 pola untuk membuat
irama
§ Menggerakakkan kepala, tangan atau kaki sesuai
dengan irama musik/ritmik
§ Mengekspresikan diri secara bebas sesuai irama
music
§ Menyanyikan lagu secara lengkap
§ Menyanyikan beberapa lagu anak
§ Mencipta mengarang syair lagu
§ Bermain dengan berbagai alat musik perkusi
sederhana
§ Mengucapkan syair dari beberapa lagu
5.
KECERDASAN KINESTETIK
§ Membuat berbagai bentuk dengan menggunakan
plastisin, playdough/tanah liat
§ Menjiplak dan meniru membuat garis
tegak, datar, miring, lengkung dan lingkaran
§ Meniru melipat kertas sederhana (1-6 lipatan)
§ Menjahit jelujur 10 lobang dengan tali sepatu
§ Menggunting bebas
§ Merobek bebas
§ Meronce dengan manic-manik
§ Berjalan ke berbagai cara, isalnya:
berjalan maju di atas garis lurus, berjalan di atas papa titian, berjalan ke
depan dengan tumit, berjalan ke depan dengan jinjit (angkat tumit), berjalan
mendur
§ Melopat ke berbagai arah dega satu atau dua kaki
§ Memanjat,bergantung, dan berayun
§ Berdiri dengan tumit, berjalan di atas stu
kaki dengan seimbang
§ Berlari kemudian melompat dengan seimbang
tanpa jatuh
§ Berlari dengan berbagai variasi
§ Merangkak dengan berbagai variasi
§ Melakukan gerak keseimbangan pada saatduduk
dan berdiri
§ Memutar dan mengayunkan lengan
§ Menarik dan mendorog benda
§ Membungkukkan tubuh
§ Membungkukan badan
§ Melambungkan dan menangkap objek (bola
besar,kantong biji, dll)
§ Menangkap dan melempar objek (bola
besar,kantong biji, dll)
§ Memantulkan objek (bola besar,kantong biji,
dll) diam ditempat
§ Memantulkan objek (bola besar,kantong biji,
dll) sambil berjalan/ bergerak
§ Mencocok dengan pola bantuan guru
6.
KECERDASAN INTERPERSONAL
§ Bersikap ramah
§ Meminta tolong dengan baik, mengucapkan salam
§ Berterima kasih jika memperoleh sesuatu
§ Berbahasa sopan dalam berbicara
§ Mau menyapa dan menjawab sapaan dengan ramah
§ Mau mengalah
§ Mau berbagi miliknya dengan misalnya makanan,
mainan, dll
§ Meminjamkan miliknya dengan senang hati
§ Sabar menunggu giliran
§ Dapat atau suka menolong
7.
KECERDASAN INTRAPERSONAL
§ Tidak mengganggu teman
§ Mampu mengerjakan tugas sendiri
§ Menunjukkan kebanggan terhadap hasil karjanya
§ Menggunakan barang orang lain dengan hati-hati
§ Membersihkan diri sendiri dengan bantuan,
misalnya: menggosok gigi, mandi, buang air, dll
§ Membantu membersihkan lingkungannya
§ Berhenti bermain pada waktunya
§ Dapat dibujuk
§ Tidak cengeng
§ Mematuhi perintah secara sederhana
§ Dapat dibujuk agar tidak cengeng lagi dan
berhenti menangis pada waktunya
§ Mengenal dengan baik jenis permainan yang
dipilih sendiri dan menghindari benda-benda berbahaya
§ Mengetahui barang-barang milik sendiri dan
milik orang lain
§ Mengembalikan alat permainan pada tempatnya
§ Melaksanakan tata tertib yang ada di sekolah
§ Mengikuti aturan permainan
§ Melaksanakan tugas yang diberikan guru
§ Mengenal dan menjaga barang milik sendiri
§ Dapat memasang kancing atau resleting sendiri
§ Memasang dan membuka tas sepatu
§ Mampu makan sendiri
§ Membuang sampah pada tempatnya
§ Berani pergi dan pulang sendiri
§ Mengurus dirinya sendiri dengan sedikit
bantuan. Misal: makan, mandi, menyisir rambut, mencuci, menggosok/membersihkan
sepatu, dan mengikat tali sepatu
§ 4.NATURAL
§ Menyiram tanaman, member makan binatang
§ Membantu membersihkan lingkungannya
§ Membuang sampah pada tempatnya
8. KECERDASAN NATURAL
§ Menyiram tanaman, memberi makan binatang
§ Membantu membersihkan lingkungannya
§ Membuang sampah pada tempatnya
9.
KECERDASAN SPIRITUAL
§ Berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan
kegiatan
§ Menyanyikan lagu-lagu keagamaan
§ Menirukan gerakan ibadah secara sederhana
§ Menyebutkan waktu beribadah
§ Menyebutkan ciptaan-ciptaan Tuhan. Misal:
manusia, bumi, langit, tanaman, hewan
0 comments:
Post a Comment