Friday, March 2, 2018

Multiple Intelligence Pada Anak Usia Dini - Konsultan PAUD


Tema Parenting :(Multiple Intelligence)
1. KECERDASAN LINGUSITIK
§  Mendengarkan orang tua/teman berbicara
§  Dapat menjadi pembicara dan pendengar yang baik
§  Menirukan kembali 3-4 urutan kata
§  Menyebutkan kata-kata dengan suku awal kata yang sama. Misal: kaki-kaki atau suku kata akhir yang sama, misal: nama-sama, dll
§  Mendengarkan cerita dan menceritakan kembali isi cerita secara sederhana
§  Menjawab pertanyaan tentang keterangan/informasi secara sederhana
§  Bercerita menggunakan kata ganti aku, saya
§  Menunjukkan gerakan-gerakan, misalnya duduk, jongkok, berlari, makan, melompat, menangis, senang, sedih, dll
§  Menyebutkan posisi/keterangan tempat. Misalnya: di luar, di dalam, di atas, di bawah, di depan, di kiri, di kanan, dll.
§  Menyebutkan waktu (pagi, siang, malam)
§  Bercerita tentang gambar yang disediakan atau yang dibuat sendiri
§  Menceritakan isi buku walaupun tidak sama antara tulisan dan yang diungkapkan
§  Menghubungkan tulisan sederhana dengan symbol yang melambangkannya
§  Menyebutkan bentuk-bentuk benda yang baru dilihatnya
§  Menceritakan informasi tentang sesuatu yang diperoleh dari buku
§  Menceritakan kembali suatu informasi berdasarkan ingatannya
§  Mencoba dan menceritakan apa yang terjadi jika: warna dicampur, proses pertumbuhan tanaman ( biji-bijian, umbi-umbian, batang-batangan) balon ditiup lalu dilepaskan, benda-benda dimasukkan ke dalam air: apakah terapung, melayang, tenggelam, benda-benda yang dijatuhkan (gravitasi), percobaan dengan magnit, mengamati dengan kaca pembesar, mencoba dan membedakan bermacam-macam rasa, bau dan suara.
2. KECERDASAN MATEMATIKA-LOGIS
§  Mengelompokkan benda dengan berbagai cara yang diketahui anak. Misalnya: menurut warna, bentuk, ukuran, jenis, dll.
§  Menunjuk sebanyak-banyaknya benda, hewan, tanaman yang mempunyai warna, bentuk atau ukuran atau menurut cirri-ciri tertentu.
§  Mencoba dan menceritakan apa yang terjadi jika: warna dicampur, proses pertumbuhan tanaman ( biji-bijian, umbi-umbian, batang-batangan) balon ditiup lalu dilepaskan, benda-benda dimasukkan ke dalam air: apakah terapung, melayang, tenggelam, benda-benda yang dijatuhkan (gravitasi), percobaan dengan magnit, mengamati dengan kaca pembesar, mencoba dan membedakan bermacam-macam rasa, bau dan suara.
§  Membilang atau menyebut urutan bilangan minimal dari 1-10.
§  Membilang dengan menunjuk benda ( mengenal konsep bilangan dengan benda-benda sampai 5).
§  Menunjukkan urutan benda untuk bilangan sampai 5.
§  Mengenal konsep banyak-serdikit, lebih-kurang, sama-tidak sama.
§  Menghubungkan atau memasangkan lambang bilangan dengan benda-benda sampai 5 ( anak tidak disuruh menulis).
§  Menunjuk 2 kumpulan benda yang sama jumlahnya, yang tidak sama, lebih banyak dan lebih sedikit.
§  Mengelompokkan bentuk-bentuk geometri (lingkaran, segi empat, segitiga).
§  Menyebutkan kembali benda-benda yang menunjukkan bentuk-bentuk geometri.
§  Mengerjakan maze ( mencari jejak) yang sederhana.
§  Menyusun kepingan puzzle menjadi bentuk utuh (4-6 keping).
§  Memasang benda sesuai dengan pasangannya.
§  Membedakan konsep kasar-halus melalui panca indera.
§  Memecahkan masalah sederhana.
§  Menyebutkan konsep depan-belakang-tengah, atas-bawah, luar-dalam, pertana-terakhir-diantara, keluar-masuk, naik-turun, maju-mundur.
§  Membedakan konsep panjang-pendek, jauh-dekat, melalui mengukur dengan satuan tak baku (lankah, jengkal, benang atau tali, dll).
§  Membedakan konsep berat-ringan, gemuk-kurus melalui menimbang benda dengan timbangan buatan dan panca indera.
§  Membedakan konsep penuh-kosong melalui mengisi wadah dengan air, pasir biji-bijian, beras, dll.
§  Membedakan konsep tinngi ke rendah.
§  Membedakan konsep besar kecil.
§  Membedakan konsep cepat-lambat.
§  Membedakan waktu (pagi, siang, malam).
§  Menyebutkan nama-nama hari dalam satu minggu, bulan an tahun.
§  Memperkirakan urutan berikutnya setelah melihat bentuk 2 pola yang berurutan. Misalnya merah, putih, merah, putih, merah,…..
3. KECERDASAN VISUAL SPASIAL
§  Membuat berbagai macam coretan
§  Membuat gambar dan coretan (tulisan) tentang cerita mengenai gambar yang di buatnya
§  Bercerita tentang gambar yang disediakan atau yang dibuat sendiri
§  Membaca gambar yang memiliki kata/ kalimat
§  Menghubungkan tulisan sederhana dengan simbul yang melambangkannya
§  Menggambar bebas dengan berbagai media (pensil warna, krayon, arang dll) Menggambar bebas dari bentuk lingkaran dan segiempat, menggabar orang dengan lengkap dan sederhana (belum proposional) stempel/mencetak dengan berbagai media (pelepah pisang, batang pepayah, karet busa,dll.)
§  Mewarnai bentuk-bentuk geometri dengan ukuran besar
§  Mewarnai bentuk gambar sederhana
§  Mencipta 2 bentuk dari kepingan bentuk geometri
§  Mencipta bentuk lidi
§  Membatik dan jumputan sederhana
§  Bermain warna dengan berbagai media.Misalnya: Krayon,cat air,dll
§  Melukis dengan jari ( Finger Painting )
4. KECERDASAN MUSIK
§  Menyanyikan lagu-lagu keagamaan yang sederhana
§  Membuat bunyi-bunyi dengan berbagai alat
§  Menciptakan alat perkusi sederhana (misalnya membuat krincingan dari tutup botol)
§  Bertepuk tangan dengan 2 pola untuk membuat irama
§  Menggerakakkan kepala, tangan atau kaki sesuai dengan irama musik/ritmik
§  Mengekspresikan diri secara bebas sesuai irama music
§  Menyanyikan lagu secara lengkap
§  Menyanyikan beberapa lagu anak
§  Mencipta mengarang syair lagu
§  Bermain dengan berbagai alat musik perkusi sederhana
§  Mengucapkan syair dari beberapa lagu
5. KECERDASAN KINESTETIK
§  Membuat berbagai bentuk dengan menggunakan plastisin, playdough/tanah liat
§  Menjiplak dan meniru  membuat garis tegak, datar, miring, lengkung dan lingkaran
§  Meniru melipat kertas sederhana (1-6 lipatan)
§  Menjahit jelujur 10 lobang dengan tali sepatu
§  Menggunting bebas
§  Merobek bebas
§  Meronce dengan manic-manik
§  Berjalan ke berbagai  cara, isalnya: berjalan maju di atas garis lurus, berjalan di atas papa titian, berjalan ke depan dengan tumit, berjalan ke depan dengan jinjit (angkat tumit), berjalan mendur
§  Melopat ke berbagai arah dega satu atau dua kaki
§  Memanjat,bergantung, dan berayun
§  Berdiri dengan tumit, berjalan di atas stu kaki dengan seimbang
§  Berlari kemudian melompat dengan seimbang tanpa jatuh
§  Berlari dengan berbagai variasi
§  Merangkak dengan berbagai variasi
§  Melakukan gerak keseimbangan pada saatduduk dan berdiri
§  Memutar dan mengayunkan lengan
§  Menarik dan mendorog benda
§  Membungkukkan tubuh
§  Membungkukan badan
§  Melambungkan dan menangkap objek (bola besar,kantong biji, dll)
§  Menangkap dan melempar objek (bola besar,kantong biji, dll)
§  Memantulkan objek (bola besar,kantong biji, dll) diam ditempat
§  Memantulkan objek (bola besar,kantong biji, dll) sambil berjalan/ bergerak
§  Mencocok dengan pola bantuan guru
6. KECERDASAN INTERPERSONAL
§  Bersikap ramah
§  Meminta tolong dengan baik, mengucapkan salam
§  Berterima kasih jika memperoleh sesuatu
§  Berbahasa sopan dalam berbicara
§  Mau menyapa dan menjawab sapaan dengan ramah
§  Mau mengalah
§  Mau berbagi miliknya dengan misalnya makanan, mainan, dll
§  Meminjamkan miliknya dengan senang hati
§  Sabar menunggu giliran
§  Dapat atau suka menolong
7. KECERDASAN INTRAPERSONAL
§  Tidak mengganggu teman
§  Mampu mengerjakan tugas sendiri
§  Menunjukkan kebanggan terhadap hasil karjanya
§  Menggunakan barang orang lain dengan hati-hati
§  Membersihkan diri sendiri dengan bantuan, misalnya: menggosok gigi, mandi, buang air, dll
§  Membantu membersihkan lingkungannya
§  Berhenti bermain pada waktunya
§  Dapat dibujuk
§  Tidak cengeng
§  Mematuhi perintah secara sederhana
§  Dapat dibujuk agar tidak cengeng lagi dan berhenti menangis pada waktunya
§  Mengenal dengan baik jenis permainan yang dipilih sendiri dan menghindari benda-benda berbahaya
§  Mengetahui barang-barang milik sendiri dan milik orang lain
§  Mengembalikan alat permainan pada tempatnya
§  Melaksanakan tata tertib yang ada di sekolah
§  Mengikuti aturan permainan
§  Melaksanakan tugas yang diberikan guru
§  Mengenal dan menjaga barang milik sendiri
§  Dapat memasang kancing atau resleting sendiri
§  Memasang dan membuka tas sepatu
§  Mampu makan sendiri
§  Membuang sampah pada tempatnya
§  Berani pergi dan pulang sendiri
§  Mengurus dirinya sendiri dengan sedikit bantuan. Misal: makan, mandi, menyisir rambut, mencuci, menggosok/membersihkan sepatu, dan mengikat tali sepatu
§  4.NATURAL
§  Menyiram tanaman, member makan binatang
§  Membantu membersihkan lingkungannya
§  Membuang sampah pada tempatnya
8. KECERDASAN NATURAL
§  Menyiram tanaman, memberi  makan binatang
§  Membantu membersihkan lingkungannya
§  Membuang sampah pada tempatnya
9. KECERDASAN SPIRITUAL
§  Berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan
§  Menyanyikan lagu-lagu keagamaan
§  Menirukan gerakan ibadah secara sederhana
§  Menyebutkan waktu beribadah
§  Menyebutkan ciptaan-ciptaan Tuhan. Misal: manusia, bumi, langit, tanaman, hewan


0 comments:

Post a Comment